Apa itu Pendidikan?

slider2-1200x514

Sering kita mendengar kata pendidikan diucapkan dalam keseharian kita terutama ketika berhubungan dengan peningkatan kualitas pengetahuan seseorang. Tapi pernahkan kita berpikir lebih dalam, apa sebenarnya yang dimaksud dengan “pendidikan” itu?

Pendidikan pada dasarnya terdiri dari tiga komponen utama yaitu informasi (information) , pemahaman (understanding)  dan pengamalan (action) . Mari kita bahas satu persatu.

Pertama adalah informasi. Informasi untuk saat ini sudah sangat umum tersedia di banyak tempat, terutama sekali jika kita bicara tentang internet. Disitulah tempatnya berbagai macam informasi. Tetapi apakah dengan informasi saja cukup?

Jika kita perhatikan seorang anak dengan kualitas hafalan yang menakjubkan, misal katakan dia telah hafal sekian juz dari Al-Quran, atau bahkan keseluruhannya, atau hafalan hitungan matematika yang juga menakjubkan, maka kita katakan dia telah banyak menguasai informasi. Tapi kita menyadari mungkin bagi si anak ini, pemahamannya atas informasi yang dia punya bisa jadi masih rendah. Itulah letak perbedaan informasi dan pemahaman.

Dalam terminologi bahasa Arab, informasi biasa disebut dengan al-ilmu, pemahaman (undestanding) disebut al-fahm dan pengamalan (action) dengan al-amal. Lalu apa itu pengetahuan (knowledge)?

Pengetahuan adalah gabungan dari infomasi dan pemahaman. Jadi seseorang dikatakan berpengetahuan jika dia menguasai informasi dan paham betul dengan maksud dari informasi yang dimilikinya.

Sementara pendidikan, lebih dari itu. Seseorang yang berpendidikan, akan mengamalkan ilmu dan pemahamannya, sehingga benar-benar pengetahuannya itu tercermin dalam tindakannya, bermanfaat untuk dirinya dan tentu saja untuk orang-orang disekitarnya.

Jadi jika kita bicara tentang pendidikan, semestinya mencakup semua hal di atas. Tidak bisa parsial atau setengah-setengah.

Di lain hal, dalam konteks beragama, seringkali kita hanya menitikberatkan pada amal saja, ilmu dan pemahaman kita kurang kita perhatikan.

Lalu kalau begitu,  sebenarnya kita ini sudah berpendidikan atau belum ya?

 

 

Beware, this world is temporary.
Prepare yourself for the next stage.
Use your intelligent to differentiate.
Every act will asked.

Leave a Reply

Your email address will not be published.