Kudeta Turki

images (1)

Tidak biasanya saya menulis tentang sesuatu tanpa pengetahuan tentang hal itu. Oleh sebab itu saya akan menyampaikan sedikit mengenai apa yang saya tahu tentang negara Turki dan kemungkinan perkembangan pasca kudeta yang sampai dengan saat saya menulis ini sepertinya sudah bisa dianggap gagal. Kudeta ini bisa dianggap sebagai hal yang mengejutkan dan cukup menyita perhatian dunia.

Turki adalah negara dengan sejarah yang panjang. Letak Turki yang strategis dan kiprahnya dalam sejarah cukup membuat negara ini benar-benar menjadi negara super power di zamannya, terutama sekali kalau kita merujuk pada masa kejayaan kekhalifahan Turki di bawah panji kejayaan Islam masa itu.

Di masa inilah benar-benar Turki menjadi momok terutama bagi dunia barat waktu itu, dimana tercatat beberapa kali dalam sejarah, Turki mencoba menaklukkan barat melalui kekuatan senjata masa itu. Tetapi, di luar usaha militer pun, pengaruh Turki dalam menyebarkan Islam di Eropa harus diakui cukup signifikan.

Di luar pro dan kontra tentang sejarah Turki, pasca kekalahan Turki melawan sekutu pimpinan Inggris dan Amerika, menjadi tonggak runtuhnya kejayaan Turki dan sekaligus kekhalifahan Islam yang terakhir. Meski usaha-usaha pernah dilakukan untuk membangkitkan kembali kekhalifahan Islam, tapi sampai saat ini sepertinya masih jauh dari kenyataan, kecuali klaim-klaim sepihak yang belum bisa menyatukan Islam seutuhnya.

Justru disinilah letak strategisnya kudeta yang terjadi di Turki sekarang. Sampai saat ini mungkin bisa saja dianggap bahwa Turki bagaikan singa yang sedang tidur. Turki di bawah presiden Erdogan seolah membangkitkan kenangan lama akan Turki yang Islam dan berjaya. Mungkin bagi beberapa pihak, hal ini tentu saja berbahaya.

Sejarah tidak putus. Kekhawatiran lama pun bisa jadi menjadi alasan di balik semuanya. Tapi sungguh dunia saat ini tidak seperti tampaknya. Bagi saya ini seperti hanya sepotong kisah dari sebuah skenario besar. Terlalu banyak invisible hand yang bermain. Kita hanya bisa menduga-duga. Jadi saya tidak akan menyimpulkan apapun. Hanya saja saya mengingatkan bahwa suatu peristiwa bisa jadi sepertinya tidak berhubungan langsung, tapi sebenarnya semuanya sudah terencana dengan baik.

Lets see..

 

 

Beware, this world is temporary.
Prepare yourself for the next stage.
Use your intelligent to differentiate.
Every act will asked.

Leave a Reply

Your email address will not be published.