Museum Kretek

kudus 003

Museum Kretek Kudus ini adalah salah satu museum dengan karakter khusus. Anda mungkin tidak akan menemukan museum dengan tema kretek di tempat lain. Museum ini dilatarbelakangi oleh sejarah perkembangan industri rokok khususnya rokok kretek di kota Kudus.

Sejarah mencatat, rokok pertama kali diperkenalkan di Kudus sekitar akhir abad 18 dan awal abad 19. Perusahaan rokok yang menjadi pioneer dan terkenal dimasa itu adalah Perusahaan Rokok Bal Tiga. Kemudian diikuti oleh beberapa perusahaan rokok lain, yang diantaranya masih bertahan dan menjadi perusahaan rokok besar sampai sekarang yaitu PT. Djarum Kudus, PT. Nojorono dan PR. Sukun.

Dari museum kretek ini, Anda bisa mengeksplorasi banyak hal tentang rokok, diantaranya tentang jenis-jenis rokok, perkembangan industri rokok khususnya di Kudus, dan termasuk juga perkembangan teknologi mesin-mesin produksi yang mengiringinya.

Sekarang ini, terutama pada industri rokok besar telah banyak didominasi dengan jenis rokok modern yang dibuat dengan alat-alat yang berteknologi tinggi. Rokok yang dibuat dengan teknologi mesin biasa disebut dengan Sigaret Kretek Mesin atau SKM, sedangkan rokok yang dibuat oleh tangan manusia, disebut dengan Sigaret Kretek Tangan atau SKT.

Disini, Anda akan menemukan juga tempat-tempat menarik untuk dikunjungi selain museum kretek itu sendiri. Dalam satu kompleks besar, Anda juga akan menemukan berbagai tempat hiburan seperti kolam air atau waterboom, mini theater, taman wisata, tempat bermain anak dan juga yang cukup menarik adalah adanya sebuah rumah adat khas Kudus yang keberadaannya semakin langka bahkan di kota Kudus sendiri.

Selamat berkunjung..

kudus 006

 

 

Beware, this world is temporary.
Prepare yourself for the next stage.
Use your intelligent to differentiate.
Every act will asked.

Leave a Reply

Your email address will not be published.